TIPS UNTUK MEMBENTUK TIM KERJA YANG BAIK

Perusahaan adalah suatu sistem kerja yang digerakkan oleh beberapa bagian, sehingga bisa mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk bisa mencapai target dengan waktu yang sudah ditentukan, dibutuhkan beberapa tim kerja yang kompak dan bersinergi. Sehingga nantinya gerak dari perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien, baik itu dari segi waktu, sumber daya, dan yang lainnya.

Keberadaan dari tim kerja menjadi suatu hal yang mutlak diperusahaan. Setiap pekerja harus bisa diselesaikan tepat waktu, yang nyatanya hal tersebut lumayan sulit untuk dilakukan apabila dikerjakan oleh satu orang saja. Meskipun di dalam prakteknya dikerjakan secara individu, tapi individu-individu tersebut pada satu kelompok kecil untuk bisa menghasilkan output yang menjadi tugasnya.

Untuk bisa membentuk tim kerja yang efektif, maka sangat diperlukan sebuah chemistry yang kuat dari masing-masing anggota. Lalu, bagaimana cara membuat chemistry tersebut? Berikut ini merupakan beberapa tips untuk membentuk tim kerja yang baik.

1. Saling Percaya Dan Bertanggung Jawab

Percaya merupakan salah satu kunci untuk dapat menciptakan tim kerja yang solid dalam setiap unitnya. Di saat satu orang memiliki tugas, maka alangkah baiknya orang lain yang ada di dalam tim benar-benar bisa mempercayakan tugas tersebut kepadanya, sehingga orang itu bisa merasa percaya diri dan juga fokus terhadap tugasnya.

Selain itu juga harus dibutuhkan suatu tanggung jawab. Apabila di satu sisi anggota tim sudah saling percaya, maka semua anggota tim bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah dipercayakan oleh anggota timnya. Setelah semua pekerjaan dapat selesai dengan baik sebagai tanggung jawab, maka kepercayaan itu akan terbayar dan menciptakan tim kerja yang solid.

2. Satu Benang Merah

Pada dasarnya satu tim terbentuk dari berbagai macam jenis individu dan beragam sifat dan latar belakang yang berbeda pula, dari itu setelah terbentuk sebuah tim kerja untuk bisa berjalan dengan acuan benang merah yang sama. Benang merah di sini ialah visi dan misi dari perusahaan.

3. Kegiatan Bonding

Kegiatan bonding biasanya adalah kegiatan bersama yang dilakukan di luar jam kantor. Dengan melakukan kegiatan bersama, terbukti bisa memupuk kekompakan antar anggota tim yang terbentuk. Maka tidak heran apabila banyak perusahaan yang dengan sengaja mengagendakan kegiatan bonding untuk karyawan yang dimiliki.

4. Profesionalitas

Colleagues giving a fist bump

Profesionalitas merupakan syarat mutlak untuk kinerja sebuah tim yang efektif dan efisien. Setiap anggota tim, harus bisa mengesampingkan segala permasalahan pribadi dan juga fokus pada tugas yang ia miliki. Sehingga secara objektif, pekerjaan yang telah ditugaskan bisa dilakukan dengan baik dan juga sesuai dengan standard.

Hal yang sama juga berlaku untuk anggota tim yang mempunyai permasalahan pribadi. Permasalahan ini, apabila tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, harus dikesampingkan terlebih dahulu demi pekerjaan.

5. Evaluasi

Setiap tim kerja mempunyai porsi proyeknya masing-masing. Setelah dilaksanakan serta selesai, secara berkelanjutan evaluasi mengenai project yang telah diselesaikan. Dengan seperti ini, akan nampak kira-kira apa saja yang bisa dilaksanakan dengan baik serta bisa ditingkatkan, dan juga apa saja yang sekiranya kuran dan juga bisa diperbaiki.

Momen evaluasi merupakan momen yang penting karena dengan seperti ini anggota tim bisa mengetahui sejauh mana hasil dari kerja yang telah mereka lakukan terhadap target perusahaan. Di sisni kamu juga bisa memberikan tanggapan dan juga teguran atau apresiasi terhadap karyawan yang pantas mendapatkanya.

Selain dengan tim yang solid, kamu juga membutuhkan aplikasi pembukuan akuntansi untuk bisa mencipatakn laporan yang baik serta bisa memudahkan kerja tim dalam melakukan suatu hal keuangan. Kamu bisa mencoba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari hanya di bit.ly/GRATISAOL30HARI

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini