Tips Sukses Bisnis Ala Rihanna yang Perlu Kalian Tiru!

Rihanna merupakan sosok luar biasa yang terkenal di seluruh penjuru dunia, selain membangun karir bermusiknya, penyanyi yang berhasil memenangkan piala Grammy ini juga sukses dan berhasil membuktikan bahwa dia adalah sosok hebat yang patut diperhitungkan tidak di dunia musik saja tapi juga di dunia kewirausahaan.

Sejak menggeluti bisnis industri fashion high class dengan meluncurkan sebuah produk yang dinamakan dengan "Fenty", penyanyi wanita popular yang bernama lengkap Robyn Rihanna Fenty ini sudah berevolusi menjadi pebisnis sukses dengan kekayaan mencapai US$600 juta.

Bersumber dari Career Contessa, dengan bisnisnya yang terus berkembang, konglomerat milenial tersebut dinobatkan sebagai musisi wanita terkaya dan dapat dibilang sebagai salah satu generasi milenial paling berpengaruh di dunia.

Baca juga Ini Dia Referensi Channel Youtube Untuk Belajar Bisnis

Dalam wawancaranya dengan T Magazine, Rihanna membocorkan semua kisah hidup tentang perjalanannya menjadi pebisnis dalam bidang kecantikan dan fashion seperti sekarang. Beberapa poin penting yang dapat kita pejalari bersama adalah sebagai berikut:

  1. Komitmen pada satu keterampilan, ide bisnis yang sudah dikuasai

Sebelum kita memasuki dunia fashion melalui kemitraan dengan brand-brand yang sudah bagus dan terkenal seperti Puma atau LVMH.

Rihanna bisa saja bertahan di industri musik saja karena dia sudah mampu membuktikan kesuksesannya sebagai seorang penyanyi, tetapi dia selalu berkomitmen untuk selalu memikirkan hal selanjutnya untuk kesuksesannya di bidang lain yang kreatif, karena itu yang membuatnya bahagia.

  1. Berteman dengan orang-orang yang dapat mendukung dan membantu untuk meraih kesuksesan

Kolaborasi Rihanna dengan brand-brand terkenal selama beberapa tahun terakhir ini mampu memberikan pengaruh yang besar serta memiliki kesempatan untuk menjangkau jaringan konsumen yang beragam.

Misalnya, kerjasama Rihanna dengan Brand Savage yang mengeluarkan produk pakaian dalam wanita Savage X Fenty. Selanjutnya, dia juga berkolaborasi dengan LVMH di Fenty Beauty melalui industri kecantikan. Kesuksesan dari bisnis ini kabarnya yang menjadi pemicu lahirnya ide kolaborasi industri fashion bersama lagi dengan LVMH.

  1. Jangan berusaha sendiri.

Membangun bisnis sampai sukses dengan seorang diri itu hal sangat tidak mungkin. Karena pada dasarnya, tidak ada manusia yang sempurna dan tahu segala hal. Maka dari itu, dalam membangun brand fashion high class, Rihanna menyadari bahwa itu merupakan bagian dari hasil kerjasamanya dengan pihak lain. Bahkan Rihanna mengatakan bahwa dia menghargai setiap visi misi orang dalam hidupnya, menyambut baik berbagai keahlian dan talenta muda yang kreatif.

  1. Harus Optimistis

"Pon De Replay" yang merupakan single pertama Rihanna dan merupakan lagu yang menjadi kegemaran bagi banyak orang namun tidak bagi kritikus musik, bahkan beberapa dari mereka bahkan menyebut Rihanna sebagai penyanyi 'one hit wonder', atau bisa dibilang sebagai penyanyi yang hanya berhasil punya satu lagu  populer kemudian terlupakan.

Meski demikian, hal tersebut justru yang memotivasi Rihanna untuk bekerja lebih keras lagi dan akhirnya melahirkan ide untuk mengembangkan usaha kreatif lainnya. Rihanna mengatakan jika komentar pedas dari para kritikus musik merupakan sebuah pecutan yang membuatnya bangkit dan terus menantang dirinya untuk bekerja sangat keras dan lebih baik lagi. Buktinya, usaha tidak pernah menghianati hasil, Rihanna justru mampu memenangkan Grammy Awards.

  1. Jadi diri sendiri

Salah satu kunci utama untuk menjadi sukses dari Rihanna adalah menjadi diri sendiri. Dan sudah sangat wajar bu , jika sebagai manusia sosial, kita masih mendengarkan pendapat orang lain, untuk berubah jadi lebih baik lagi, versi mereka. Jadi, terkadang saat kita membuat keputusan tentang karir, hubungan ataupun keputusan besar dalam hidup kita, itu berdasarkan pada apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain, bukan bagaimana tentang pikiran dan perasaan diri kita sendiri.

Rihanna mengatakan jika dia selalu melakukan apa pun yang ingin ia lakukan, dia mengendalikan visi misi hidupnya sendiri, suaranya, pakaian saat performancenya. Bahkan dia juga menerima perubahan berupa hal-hal yang menjadikannya wanita yang lebih baik dan manusia yang lebih baik. Karena hal itu juga dia merasa sangat bahagia dengan hidupnya, dia merasa tidak memiliki kekurangan suatu apapun karena semua yang dia dapatkan dan dia jalani berdasar pada keinginannya sendiri.

  1. Jangan takut gagal!

Jika belum pernah mengalami kegagalan, itu tandanya kita belum berusaha! Sesuai dengan motto hidup Rihanna "Never a failure. Always a lesson" yang dia abadikan sebagai tato yang digambar terbalik sehingga dia bisa melihat dan membacanya ketika bercermin atau setiap merasa ragu.

Dia sadar bahwa kegagalan tidak bisa dihindari, tetapi dia juga sadar bahwa dia harus mau belajar dari kegagalan itu, karena pelajaran itu datang bersama dengan kegagalan. Kata Rihanna, bagaimana kita bisa belajar, jika kita tidak pernah berbuat kesalahan?

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini