Securities Crowdfunding: Pengertian, Syarat, Keuntungan bagi Bisnis

Sebagai seorang wirausaha, sangat mungkin bagian utamanya adalah modal. Dengan modal yang cukup, kamu dapat mengembangkan bisnis kamu secara signifikan lebih besar sambil menjamin kamu memiliki aset yang cukup untuk biaya fungsional yang mendasari bisnis kamu. Meski demikian, di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, masuknya modal menjadi salah satu kendala yang dilirik pelaku UMKM.

Apa Sih Securities Crowdfunding Itu?

Securities crowdfunding adalah strategi penggalangan aset oleh pemilik investasi bersama, dan dimaksudkan untuk memberikan pembiayaan modal kepada pemilik UMKM. Umumnya, pembiayaan yang dilakukan secara online melalui situs atau aplikasi ini memungkinkan pemilik modal untuk memperoleh kepemilikan melalui saham, konfirmasi tanggung jawab atau obligasi, seperti wasiat kepemilikan bersama (sukuk). Dengan sistem securities crowdfunding, menyatukan pendukung keuangan dan pertemuan yang membutuhkan cadangan menjadi mudah karena mereka dapat dipenuhi melalui platform online. Manfaat yang diperoleh penyandang dana sebagai keuntungan atau pembagian manfaat dari manfaat yang tersebar secara konsisten. Untuk sementara, pelaku UMKM akan mendapatkan sumber modal untuk perluasan usaha atau untuk biaya fungsional pandemi sehingga bisa tetap berjalan hanya dengan komitmen yang sangat ringan, tepatnya dengan hasil kerja yang bermanfaat. Dalam manfaat securities crowdfunding, sistem waktu kontribusi bisa selama satu tahun untuk penawaran tunggal atau sangat mungkin penawaran yang berbeda. Untuk data, ada beberapa proteksi yang ditawarkan, antara lain proteksi nilai, proteksi kewajiban, sukuk dengan nilai paling ekstrim 10 miliar rupiah dan jangka waktu kontribusi terus berjalan 45 hari. Ini jelas memperluas pilihan perlindungan klien crowdfunding untuk menggunakan alternatif terbaik untuk kedua pemain. Perlindungan urun dana sendiri hingga saat ini memiliki payung hukum yang jelas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diatur dalam pedoman OJK, yaitu POJK Nomor 57/POJK Nomor 57/POJK/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Urun Dana Keamanan). Tentunya, dengan payung hukum yang wajar, ini membuat para pemilik UMKM lebih tenang dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sistem ini.

Syarat Securities Crowdfunding

Prasyarat untuk mengikuti program ini mudah untuk kamu ikuti, termasuk:

  1. Khusus usaha baru dan UMKM dengan modal absolut tidak lebih dari 30 miliar rupiah.
  2. Bukan organisasi publik.
  3. Harus menyerahkan laporan kepada administrator sebagai akta yayasan, jenis dan ukuran perlindungan yang ditawarkan, strategi uji lapangan dan evaluasi gaji yang diiklankan.
  4. Pendukung diperlukan untuk menyerahkan laporan keuangan

Keuntungan Securities Crowdfunding

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha dan UMKM baru ketika memilih untuk memanfaatkan securities crowdfunding sebagai alternatif pemberian subsidi, antara lain:

  1. Tidak ada komitmen untuk mendapatkan pendanaan. Perusahaan pendukung penggalangan hanya perlu menawarkan saham di perusahaannya sebagai jenis kompensasi untuk investasi yang dibuat oleh investor. Dengan itu, investor akan mendapat untung sesuai dengan ukuran penawaran yang disertakan selama siklus crowdfunding.
  2. Tidak sulit untuk menuju ke platform online untuk securities crowdfunding, Anda bisa mendapatkannya di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian, perusahaan dan investor dapat menyatukan pembaruan crowdfunding terbaru.

Itulah penjelasan tentang securities crowdfunding yang dapat kamu pahami ya. Kamu juga bisa gunakan Accurate Online untuk membantu sistem pembukuan bisnis kamu. Semoga bermanfaat ya!

Kamu bisa mencoba Accurate Online secara GRATIS selama 30 hari hanya disini

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Accurate Online, silahkan hubungi Marketing Representative di bawah ini :

Nama : Rian

No Hp : 085217029945