Seberapa penting insight data penjualan bagi pebisnis ?

Seperti banyak yang sudah dikatakan oleh para pebisnis bahwa kunci untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola bisnis itu adalah dengan lebih mengandalkan sebuah data. Nah jika kamu mengandalkan sebuah data dan laporan lengkap penjualan bisnis itu daripada menebak-nebak atau itu membuat perkiraan, memungkinkan kamu untuk mengetahui perkembangan bisnis dan memang mampu membuat keputusan yang lebih baik dalam meningkatkan keuntungan bisnis hingga kepuasan pelanggan itu menjadi lebih baik. Namun sebagian besar pebisnis itu memang tidak tahu bagaimana cara mengumpulkan data yang tepat dan memang sebagian lainnya itu tidak dapat menggunakan data tersebut dengan efektif. Nah berikut ini ulasan untuk membantu kamu mendapatkan data penjualan dan menggunakannya untuk kesuksesan bisnis kamu. Berikut ulasannya!

1. Menentukan Produk Paling Laris

Apabila kamu menggunakan data penjualan, kamu dapat menentukan produk apa yang sedang laris di bisnis kamu ini. Nah setelah menentukan produk paling laris, jadikan itu sebagai produk penetrasi. Apa sih produk penetrasi itu? Produk penetrasi merupakan produk yang harganya itu jauh lebih murah daripada produk utama kamu. Ada tujuannya juga yaitu untuk memberikan pengalaman berbelanja untuk para calon pelanggan kamu. Apabila mereka sudah membeli produk penetrasi ini, kemudian mereka pun akan merasakan bagaimana pelayanan kamu maka untuk menjual produk utama itu kamu akan lebih dimudahkan.

2. Aplikasi Kasir Online

Saat ini para pelaku bisnis sudah banyak yang menggunakan kasir online untuk membantu proses bisnisnya tersebut. Jika sistem kasir yang kamu gunakan itu untuk mencatat penjualan, maka kamu mengalami kerugian yang besar. Sebagian besar Point of Sale itu atau bisa disebut aplikasi kasir modern ini menghadirkan sebuah fitur laporan yang lengkap seperti halnya transaksi penjualan setiap hari, setiap bulan, bahkan per tahun, produk yang favorit dibeli oleh konsumen , rata-rata pembelian dan jumlah data pelanggan kamu. Misalkan saja ketika kamu melihat laporan penjualan bisnis kamu akan mengetahui produk mana saja yang paling banyak dibeli dan dapat memberikan keuntungan terbanyak sehingga itu kamu dapat merencanakan untuk belanja stok tersebut lebih banyak sesuai dengan rata-rata penjualan produk tersebut.

3. Adanya Email Marketing

Nah jika kamu juga ingin tetap menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, kamu juga bisa menggunakan yang dinamakan dengan email marketing. Nah pastikan juga kamu mendapatkan email dari para pelanggan dan mengirimkan email secara rutin, namun yang perlu kamu lakukan yaitu mendapatkan laporan pengiriman email. Setelah itu hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memantau laporan email marketing kamu yaitu menghitung berapa jumlah pelanggan  yang membuka email, kemudian berapa klik link pada email dan bagaimana interaksi pelanggan kepada email tersebut.

Baca jugaCara Tepat Memvalidasi Ide Startup dan Meluncurkan ke Pasar dengan Mudah !

4. Mengetahui Gambaran Potensi Pasar

Dengan memiliki sebuah data penjualan yang lengkap dan valid itu akan sangat membantu untuk para pelaku bisnis dalam menentukan potensi pasar yang baik berdasarkan dengan kelompok umur, jenis produk, kemudian frekuensi pembelian, dan sebagainya. Nah hingga saat ini, bisnis sudah menjamur di kalangan masyarakat sehingga pasti membutuhkan banyak strategi khusus untuk terus bersaing dan pastinya untuk meningkatkan penjualan. Nah dengan kamu menganalisa potensi pasar terlebih dahulu, maka nantinya bisnis yang kamu jalankan itu akan terasa lebih mudah untuk berkembang. 

Itulah beberapa hal penting ketika kamu memiliki data penjualan untuk menunjang kesuksesan bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini