PERBEDAAN ANTARA MESIN KASIR DAN POS

Pasti diantara kalian tidak ada yang asing dengan yang namanya kasir, kasir merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan dari bisnis, terutama toko, restoran serta perusahaan ritel yang menggunakan sistem manajemen penjualan. Baik menggunakan sistem kasir tradisional maupun POS yang merupakan singkatan dari Point Of Sale. Sebagai seorang pemilik usaha, tentunya kamu membutuhkan salah satu di antaranya untuk dapat memudahkan dalam proses transaksi dalam penjualan. Selain itu juga mesin kasir atau POS tidak sekedar menjadi tempat yang aman untuk menyimpan uang, namun keduanya dapat membantu kamu untuk menghemat uang, memproses transaksi pelanggan serta menyimpan catatan secara akurat.

Pengertian Mesin Kasir Dan Point Of Sales (POS)
  • Mesin Kasir

Mesin kasir adalah alat elektronik yang tidak terkomputerisasi serta mempunyai fungsi utama, yaitu merekam penjualan dan juga mengumpulkan uang tunai. Pada awal penemuan mesin kasir di tahun 1879, mesin kasir digunakan untuk pencatatan komponen pajak dalam penjualan. Mesin ini dikerjakan secara manualkala itu, karyawan harus memasukkan data satu persatu untuk setiap transaksi kasir. Pada saat tombol “total” ditekan, laci akan terbuka serta bel akan berdering guna untuk memberitahu manajer mengenai transaksi yang sedang berlangsung.

Pada saat itu pun, mesin kasir belum dapat mencetak tanda terima untuk diberikan kepada konsumen. Sistem kasir sederhana terbaru yang berupa tanda terima, laci uang tunai, pemindai barcode, serta tombol No Sale (NS) diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 1970.

  • Point Of Sale (POS)

Point Of Sale atau biasa yang disebut dengan POS ialah sistem terkomputerisasi yang telah memanfaatkan kombinasi antara perangkat lunak dengan perangkat keras untuk dapat melakukan berbagai fungsi. Selain hanya untuk merekam penjualan, POS juga memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur canggih yang ada di dalamnya.

POS sering juga digunakan pada perusahaan manufaktur serta perusahaan dagang untuk menunjang kegiatan usahanya. Perusahaan besar membutuhkan kontrol pada persediaan yang cepat serta akurat yang hanya dapat dilakukan oleh sistem, tanpa harus dengan cara manual. Selain itu juga, perusahaan besar pastinya membutuhkan fasilitas cetak faktur dan nota yang memiliki ukuran berbeda-beda, dan tidak selalu menggunakan struk kecil.

Fitur-Fitur

Fitur Mesin Kasir

Fitur Point Of Sale (POS)

Laci Uang Tunai

Laci Uang Tunai

Pemindai Barcode

Pemindah Barcode

Tombol No Sale (NS)

Tombol No Sale (NS) Dan Password

Pencetak Struk Penjualan

Pencetak Struk Penjualan

Laporan Penjualan Sederhana

Pembaca Kartu Kredit

Manajemen Staf Dan Konsumen

Laporan Penjualan Lengkap

Layar Sentuh

Timbangan Digital

Pelacak Persediaan Stok Barang

Sistem Berbasis Cloud

Terintegrasi Dengan Software Akuntansi Dan Software Lainnya

Mesin kasir manual sederhana mungkin akan cocok untuk digunakan di beberapa bisnis kecil. Tetapi, agar lebih kompetitif serta pengelolaan bisnis yang efisien, kamu perlu untuk mempertimbangkan penggunaan sistem Point Of Sale (POS). Berikut ini merupakan perbandingan lainnya antara mesin kasir dengan POS.

Keuntungan Menggunakan Mesin Kasir

  • Harga lebih terjangkau
  • Komponen yang digunakan lebih sedikit
  • Tidak perlu pembaharuan
  • Mudah digunakan
  • Mempunyai fitur dasar pelaporan

Keuntungan Menggunakan POS

  • Lebih efisien dan akurat
  • Mampu mengelola kinerja karyawan
  • Mampu mengatur seluruh manajemen toko (inventaris, karyawan, konsumen, dan lain sebagainya)
  • Metode pembayaran yang diperluas
  • Penerimaan yang terperinci
  • Mempunyai manajemen persediaan
  • Kemampuan pelaporan yang lebih baik
  • Program loyalitas ataupun kartu hadiah
  • Sistem akuntansi yang efisien
  • Layanan yang lebih baik dan juga cepat

Baca juga 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki CEO Startup

Fitur dan manfaat yang dimiliki kasir terbatas, sehingga lebih cocok untuk digunakan ketika kamu membutuhkan sesuatu yang sederhana dan juga mudah. Lalu bagaimana dengan sistem yang dimiliki oleh POS? Pos mempunyai fitur yang lebih lengkap. Dengan kamu menggunakan POS,maka kamu dapat mengintegrasikan dengan software akuntansi seperti Accurate Online. Dengan adanya integrasi, kamu akan dapat lebih mudah untuk mencatat pembukuan atas transaksi yang terjadi di dalam POS secara otomatis.

Kekurangan Menggunakan Mesin Kasir Atau POS

Mesin kasir

Point Of Sale (POS)

Penggunaan kertas yang boros dalam mencetak laporan

Nilai investasi yang lebih mahal daripada mesin kasir

Beberapa tipe mesin kasir tidak menyediakan menu untuk dapat mengetahui stok barang

Program yang tidak fleksibel sehingga tidak bisa disesuaikan kebutuhan

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini