Mengapa Sebuah Bisnis Harus Memiliki Website?

Sebagai seorang pengusaha, jika dulu kita bisa bersikap biasa saja dengan pernyataan bahwa sebuah bisnis itu penting memiliki website. Kita merasa kehidupan bisnis kita akan berjalan baik-baik saja meski tanpa keberadaan website. Padahal, sebenarnya pernyataan seperti itu sangatlah wajar, mengingat kita hidup di zaman yang serba digital. Rasanya, memiliki sebuah website adalah sebuah keharusan bagi sebuah bisnis.

Keberadaan website yang dianggap tak terlalu penting bagi sebagian kecil para pelaku bisnis kini menemukan klimaksnya saat krisis akibat covid-19 yang sedang terjadi saat ini. Pandemi covid-19 ini adalah krisis kesehatan yang sangat serius dan berdampak besar pada rantai pasokan global, pasar di seluruh dunia, bisnis besar maupun kecil untuk waktu yang tidak terbatas. Ketika banyak bisnis kebingungan akibat terdampak virus corona, maka semakin memperjelas bahwa sebuah bisnis memang seharusnya memiliki website yang dapat menangani dan mendukung perkembangan bisnis tersebut di dunia digital.

Baca juga 5 Aplikasi yang Wajib Dimiliki CEO Startup

 

Nah, untuk bisnis yang belum memiliki website, salah satu alasan terbesarnya karena tidak memiliki budget khusus untuk membangun website. Padahal, untuk membuat website itu belum tentu mahal. Sebab, dalam bisnis, memiliki sebuah website adalah sebuah investasi. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki website, maka seluruh data yang masuk akan langsung tercatat dan dari data tersebut bisa langsung dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis kita.

Kalau masih ragu, penting atau tidaknya website bagi suatu bisnis? Coba pertimbangkan beberapa alasan mengapa memiliki website penting bagi bisnis berikut ini:

  1. Mudah Diakses oleh Seluruh Konsumen

Dengan memiliki website berarti sama dengan membuka kesempatan bisnis kita untuk berinteraksi dengan konsumen dimanapun dan kapanpun. Dapat diibaratkan jika suatu bisnis mempunyai waebsite maka sama saja dengan memiliki etalase toko virtual yang online selama 24 jam. Website akan bertindak sebagai sumber informasi yang selalu tersedia untuk informasi yang seharusnya hanya dapat diakses selama jam kerja perusahaan.

Bagi yang memiliki budget terbatas, bisa juga loh menggunakan situs professional dengan fitur dasar yang mencantumkan berbagai informasi yang relevan tentang bisnis kita. Namun bila mempunyai budget lebih, kita bisa membuat website dengan fitur yang lebih lengkap. Terutama bagi bisnis yang berkonsep business to consumer maka situs e-commerce bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki fitur yang lengkap, e-commerce juga dapat memudahkan kita dalam melayani pelanggan mulai dari pemesanan, pembayaran hingga konfirmasi pembayaran dalam satu website tersebut.

Nah dengan menggunakan situs e-commerce ini, kita memang harus mengeluarkan uang lebih banyak. Tetapi kita juga akan merasakan berbagai kemudahan dari penggunaan situs e-commerce ini yang tentu saja sangat berguna untuk kemajuan bisnis kita.

  1. Advertising dan Marketing

Seluruh jenis bisnis pasti membutuhkan marketing. Maka dengan keberadaan website akan membantu kita dalam membangun brand image dan membantu membuat ikatan atau engagement yang kuat dengan existing customer.

Website adalah alat pemasaran sekaligus toko online yang benar-benar dapat kita kendalikan sendiri, berbeda dengan sosial media. Meskipun memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun traffic yang cukup baik ke situs kita, namun dari sisi biaya sudah tidak perlu diragukan lagi jika dibandingkan dengan biaya iklan pemasaran konvensional, maka membuat website dengan konten yang berkualitas tentu jauh lebih terjangkau.

Kita juga bisa dengan mudah bersaing dengan brand besar atau perusahaan ternama tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Yang diperlukan adalah membuat strategi membangun website dengan SEO dan konten, Social Media Management dan Paid Ads serta aktivitas Social Media Optimization (SMO) yang dapat membantu kita agar dikenali oleh pelanggan.

  1. Bersaing dengan Kompetitor

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan kompetitor adalah motivasi terbesar dalam bisnis. Apalagi dalam persaingan bisnis yang ketat ini tidak ada salahnya bila kita berasumsi bahwa pesaing terbesar kita sudah memiliki website. Dan tentu saja bisnis kita tidak mau kalah dari persaingan ini. Jadi, tidak ada salahnya untuk sedikit memantau bagaimana kiprah kompetitor sebagai bahan perbaikan bisnis kita.

Setelah kita mengetahui seperti apa strategi kompetitor, maka kita harus melakukan lebih baik dalam hal desain interface web, load time dan optimisasi mesin pencari. Cari tahu juga metode pemasaran apa yang tidak mereka gunakan? Seberapa menarik website kita dibandingkan dengan website mereka?

  1. Visibilitas dan Kredibilitas

Meningkatkan visibilitas adalah salah satu faktor utama yang membuat website menjadi penting bagi bisnis kita. Dengan membangun sebuah website berarti kita memberi kesempatan pada bisnis kita untuk memberi tahu konsumen mengapa mereka harus mempercayai kita. Kita juga bisa menambahkan testimonial dan fakta pada website untuk mendukung hal tersebut.

Pasalnya, kecenderungan pengguna dunia digital saat ini akan mencari informasi di internet untuk mengecek kredibilitas tentang suatu produk atau layanan sebelum memutuskan melakukan pembelian. Bila kita mampu memberikan pelayanan atau produk yang baik. Maka dengan menggunakan website, kita akan dapat terus melayani konsumen secara online dan meningkatkan kredibilitas sebagai pemilik bisnis.

  1. Tidak Mempunyai Website Kehilangan Bisnis

Di era digital saat ini, bila tidak memiliki website maka kita akan kehilangan kesempatan bagi pelanggan untuk mengidentifikasi bisnis kita. Namun, jangan sembarangan atau tergesa-gesa dalam membuat website yang nanti akan berakibat pada website yang buruk.  Memiliki website yang buruk tidak lebih baik daripada tidak memiliki website sama sekali. Mengapa demikian?

website yang buruk sudah pasti akan berdampak pada bisnis kita.  Karena, website yang buruk akan membuat bisnis juga menjadi terlihat buruk. Tetapi jangan khawatir, ada begitu banyak situs berbasis template yang tersedia saat ini, tentu saja kita bisa memilih templatenya dan disesuaikan dengan bisnis atau brand kita. Jadi, tidak ada alasan lagi website terlihat buruk dan tidak profesional.

  1. Pusat Digital Marketing

Kita analogikan strategi digital marketing seperti sebuah roda, untuk bisa berjalan, strategi itu harus memiliki beberapa jari-jari yang terhubung kembali ke poros yang berada tengahnya. Nah, itulah peran website yaitu sebagai poros digital marketing! Dengan kata lain, adanya website berfungsi sebagai tempat untuk kita mengarahkan konsumen untuk mendapatkan informasi dan tempat terjadinya transaksi bisnis. Oleh sebab itu, website menjadi kebutuhan yang vital bagi sebuah bisnis karena tanpa adanya website sebagai poros, maka roda atau strategi digital marketing akan hancur.

Jika memang bisnis kita tidak atau belum memiliki website, maka kita bisa saja membuatnya kapanpun itu. Namun, harus selalu diingat bahwa sekadar membangun sebuah belum tentu membuat bisnis kompetitif. Jangan lupa, kita juga harus secara proaktif untuk membuat konten yang lebih baik dan berkualitas serta mampu meyakinkan konsumen, bahwa produk, jasa atau layanan yang kita tawarkan melalui website jauh lebih baik daripada perusahaan lain. Jika sudah mulai tertarik untuk membuat website untuk bisnis, itu bagus! Tapi, pastikan konten yang relevan, konsisten dan mudah diakses baik melalui laptop, komputer atau gadget menjadi kata kunci saat memutuskan memiliki website. Selain itu, buatlah tampilan yang profesional dan user friendly, agar bisnis kita semakin berkembang pesat.

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini