Lakukan Hal Ini Jika Kamu Ingin Berjualan di Instagram

Apakah anda tahu, instagram merupakan arena promosi yang paling menguntukan. Mengapa begitu? Karena, masyarakat sudah banyak beralih menggunakan media digital untuk mencari sebuah produk yang mereka ingingkan. Instagram memiliki peminat terbanyak dibandingkan dengan laman sosial media lainnya, diketahui karena sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi tersebut untuk sarana penghibur diri dan penghilang suntuk apalagi saat adanya pandemi seperti ini.

Seperti yang anda ketahui, disaat pandemi seperti banyak dari masyarakat membuka suatu usaha bisnis. Banyak rekan saya menjajakan masakan yang dibuatnya atau banyak diantaranya yang berbisnis baju tie dye di instagram, dan feedback yang didapatkan juga sangat menguntungkan. Bagi pemula, yang ingin memulai usaha di instagram harus memperhatikan beberapa hal agar usaha yang kalian tawarkan akan laku keras! Simak beberapa tipsnya!

Baca juga Inilah Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Menggunakan Instagram Bisnis!

  1. Membuat Akun Bisnis Agar Tampak Menarik Customer

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mebuat akun bisnis terlihat menarik. Caranya dengan memperhatikan logo brand yang anda miliki, buatlah dengan semenarik mungkin. Lalu perhatikan juga bio yang ada di akun bisnis anda, cantumkan keyword yang menarik dan jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang dapat dihubungi serta berikan link yang mempermudah customer untuk memilih platform yang anda tawarkan juga di e-commerce.

Lalu anda juga bisa membuat akun khusus profesional untuk bisnis di Instagram. Di Instagram sendiri, kita mempunyai pilihan untuk mengalihkan akun biasa menjadi akun profesional. Perbedaannya adalah pada akun professional, kamu bisa menampilkan profil bisnis dan beriklan melalui Instagram Ads. Sedangkan, pada akun biasa tidak. Sebaiknya, kamu memiliki akun professional sejak awal meskipun belum memulai untuk beriklan melalui Instagram Ads.

  1. Membuat Brand Voice

Dalam strategi branding membangun kepribadian brand  itu penting untuk membantu Anda sebagai pebisnis atau pekerja menciptakan pesan brand yang konsisten. Presentasi brand yang konsisten di semua platform bisa meningkatkan pendapatan, terlebih sekarang ini brand message penting sekali di era media sosial. Brand voice bisa diartikan sebagai cerminan karakter dari brand kalian. Apakah brand tersebut memiliki karakter ceria, elegan atau yang lain, semua itu dapat dikenali dari brand voice-nya.

Meski disebut voice, brand voice tidak terbatas pada audio. Di Instagram, brand voice bisa diwujudkan dalam bentuk karakter yang terpancar dari konten-konten yang dibuat ataupun dari cara berkomunikasi yang kalian gunakan dalam menawarkan produk yang anda pasarkan. Jadi agar brand akan lebih mudah dikenali, usahakan untuk membuat brand voice yang otentik. Setidaknya, buatlah brand voice yang berkarakter, cukup unik dan mudah dikenali publik. Cara jualan di Instagram ini akan membantu bisnismu terlihat lebih menonjol di antara bisnis-bisnis lain yang serupa.

  1. Membuat Konten yang Menarik Para Customer

Bagi anda yang ingin memulai membuka bisnis di laman instagram, anda harus memperhatikan konten yang akan anda pasarkan di instagram. Karena, instagram berkutat pada foto atau vidio, untuk itu buatlah konten yang eyecatching. Buatlah konten secara terjadwal, karena berjualan di instgram harus konsisten agar para calon customer dapat percaya dengan produk yang anda tawarkan.

Konten yang dibuat harus didasarkan pada audience yang sudah ditentukan sebelumnya. Perhatikan juga aspek-aspek teknis saat membuat konten. Misalnya saja seperti sudut pengambilan gambar, pencahayaan hingga penggunaan efek-efek tertentu. Saat mem-posting konten pastikan juga untuk melakukannya di waktu yang tepat.

  1. Jangan Lupa Untuk Menggunakan Caption dan Hastag yang Menarik

Lalu pada tahap setelah membuat konten adalah pembuatan caption beserta hastag yang cocok untuk produk yang anda tawarkan. Buatlah dengan sentuhan copywriting, agar para customer tertarik dengan produk anda. Namun jangan berlebihan harus terlihat se-natural mungkin agar tidak menimbulkan kecurigaan para calon customer atau anda juga dapat membuat caption dengan cara story telling yaitu teknik penulisan dengan bercerita ataupun teknik lainnya. Kamu bisa mempelajari caption dari akun brand ternama ataupun toko online terkenal di Instagram sebagai referensi.

Setelah caption sudah jadi, anda harus menggunakan hastag. Karena dengan hastag akan mempermudah calon customer dalam mencari produk yang mereka ingin. Gunakanlah hashtag dengan komposisi 3-5 hashtag saja. Anda dapat menggunakan hastag yang sedang tranding, dan gunakan hastag yang spesifik dengan produk yang anda tawarkan. Anda juga tidak diperbolehkan untuk memberi hastag lebih dari 10 karena akan membuat spam dan akun bisnis anda jadi terblokir.

  1. Lakukan Promosi dengan Cara Endorse atau Giveaway

Seperti yang sudah anda ketahui, saat ini banyak para pebisnis menggunakan jasa para selebiriti atau Influencer untuk mempromosikan produk yang anda tawarkan. Endorse sangat diyakini akan menambah trafiic penjualan kalian, karena akan membuat para netizen tertarik dengan produk yang digunakan oleh selebriti atau influencer idaman mereka. Meski begitu kamu nggak bisa sembarang memilih orang yang kamu endorse. Pilihlah artis atau selebgram yang sesuai dengan target marketmu agar audiens nggak melenceng dan promo yang dilakukan pun tetap sasaran.

Giveaway ini sebenarnya juga harus dilakukan bagi pebisnis yang baru merintis usaha. Karena giveaway diyakini akan menguntungkan usaha yang akan anda rintis, karena merupakan salah satu cara untuk memancing interaksi dengan follower. Melalui cara tersebut, postingan Anda berpotensi mendapatkan banyak like dan komentar.Sebenarnya, metode ini hampir sama dengan sama dengan diskon. Hanya saja anda bisa mengambil keuntungan lebih dengan membuat giveaway. Misalnya, anda bisa meminta mereka untuk mengikuti akun instagram dan membagikannya ke media sosialnya. Jadi, secara nggak langsung akun instagram kalian akan lebih dikenal banyak orang tanpa perlu kamu promosikan lagi.

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini