Hindari Kesalahan Hal Berikut Ini dalam Manajemen Stok Bisnis!

Bagaimana dengan managemen stok dalam bisnis mu? Seberapa pentingkah itu, Pastinya sangatlah penting bukan? Bagaimana jika managemen stok dalam bisnis mu tidak dikelola dengan benar? Pasti bisnis mu tidak akan lancar dan banyak hambatan yang akan terjadi bila kamu tidak benar dalam mengelola stok bisnis mu, bahkan dapat merugikan. Membuka bisnis harusnya menguntungkan tapi malah merugikan, wah kan aneh yaa.  Nah, berikut ini merupakan kesalahan yang mungkin akan terjadi dalam mengelola stok bisnis dan pastinya yang harus kamu hindari juga!

1. Akurasi yang minim

Nah hal  pertama yang akan mungkin terjadi yaitu tidak sesuainya stok barang dengan catatan stok yang tersedia dalam gudang, hal ini sering kali terjadi dalam mengelola bisnis. Ternyata kesalahan akurasi bisa terjadi kapan pun, Minimnya akurasi biasanya disebabkan oleh staf yang mencatat stok. Hal ini tidak mudah lhoo ternyata dalam mengelola bisnis. Perhatikan baik-baik ya dalam hal ini harus lebih diperhatikan lagi!

2. Jarang mengecek stok

Hal yang kedua yang mungkin bisa terjadi yaitu jarang mengecek stok atau menghitung stok barang dagangan. Kesalahan ini  yang banyak dilakukan oleh para pembisnis lhoo. Sangat sepele terlihatnya ya padahal hal ini sebuah kesalahan dalam memanajemen stok bisnis. Nah, untuk menghindari kesalahan ini seharusnya stok barang yang tersedia mesti selalu dihitung setiap adanya melakukan transaksi agar lebih akurat lagi hasilnya.  Jika kamu jarang menghitung stok, kamu akan mendapatkan permasalahan seperti perbedaan jumlah stok yang tersedia. Repot kan kalau sudah begini, Jadi harus selalu menghitung stok yaa secara berkala jangan malas dalam melakukan hal ini!

Baca jugaKamu Ingin Tau Cara Berbisnis Tanpa Modal dan Tanpa Stok? Dropship Aja!

3. Gudang yang tidak terorganisir

Hal ketiga yang mungkin akan terjadi yaitu gudang atau ruangan tempat untuk penyimpanan barang dagangan bisnis mu tidak terorganisir dengan baik. Hal ini dapat menghambat kelancaran dalam bisnis mu lhoo karena penyimpanan barang dagangan mu tidak tersusun dengan rapi atau acak-acakan. Permasalahan dalam hal ini  dapat membuang-buang waktu dalam mencari barang pesanan karena barang yang tidak tersusun rapih tersebut, bahkan misalnya barang yang diinginkan customer itu terselip di paling bawah dan kamu tidak menemukan barang tersebut, lalu kamu mengiranya barang tersebut sudah habis. Hal ini dapat merugikan bisnis mu, jadi harus lebih diperhatikan lagi ya dalam mengelola gudang tempat barang dagangan mu!

4. Pengelolaan secara manual

Hal keempat yang mungkin bisa terjadi yaitu mengelola stok bisnis mu masih secara manual. Mengelola stok secara manual memanglah sangat tidak efisien banyak memakan waktu jika jumlah stok barang dagangan mu ratusan, tetapi mengelola secara manual memang lebih akurat. Mengikuti zaman, sekarang serba canggih tidak perlu ribet kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada seperti menggunakan aplikasi manajemen stok, nah disana kamu bisa mengaturnya sendiri untuk menghitung jumlah barang yang masuk dan keluar secara sendirinya atau otomatis. Hal ini masih banyak di sepelekan oleh para pembisnis diluaran sana, padahal dengan pengelolaan manajemen stok dalam bisnis secara canggih itu bisa mendukung bisnis mu dan membuat bisnis mu lancar tidak ada hambatan stok barang sesuai dengan catatan.

Itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang mungkin akan terjadi dalam mengelola manajemen stok dalam bisnis mu. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi bisnis mu agar lebih diperhatikan lagi dalam hal-hal sepele seperti itu!

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini