Dasar-Dasar Akuntansi ini Harus Kamu Ketahui !

Meski terkesan memusingkan, akuntansi terutama dasar-dasarnya bisa dipelajari siapa saja termasuk orang awam. Apalagi bagi kamu yang ingin membuka bisnis tentu perlu memahaminya akuntansi minimal dasar-dasar nya.

Untuk bisa memahami bisnis dengan baik, kita harus paham dasar akuntansi. Dengan memahami dasar akuntansi, diharapkan bisa menjadikan informasi akuntansi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mengelola bisnis dengan baik.

Dasar-dasar akuntansi adalah proses atau tahapan akuntansi yang merupakan poin penting dari akuntansi. Dari dasar-dasar ilmu pembukuan ini, kita bakal dengan mudah membuat dan membaca laporan sebagai hasil dari proses akuntansi atau pembukuan perusahaan. Tapi sebelum memahami tentang dasar-dasar akuntansi, perlu diketahui dulu tentang pengertian akuntansi itu sendiri. 

Apa Itu Akuntansi ?

Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintahan.

Secara umum, akuntansi berarti suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. 

Singkatnya, Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan secara sistematis dan komprehensif suatu bisnis selama periode tertentu. Jika pengertian tersebut telah benar-benar dipahami dengan baik, maka akan mudah mempelajari poin-poin selanjutnya dari akuntansi.

Dengan memahami akuntansi dasar, pemilik perusahaan maupun pemilik usaha UKM pasti lebih cermat dalam menjalankan usahanya. Karena perhitungan akuntansi dapat melihat kondisi performa perusahaan dan memprediksi langkah perusahaan kedepan. Bahkan jika kamu bukan pemilik usaha, memahami akuntansi dasar juga akan membantu untuk mengatur keuangan kamu.

Proses dalam Akuntansi

Seperti yang kamu ketahui pada poin sebelumnya bahwa akuntansi adalah proses kompleks pada keuangan yang terjadi pada bisnis atau organisasi.  Adapun proses dalam akuntansi terdiri dari;

Pencatatan

Pencatatan merupakan kegiatan dokumentasi atau mencatat transaksi pada satu periode tertentu. Proses pencatatan juga lebih dikenal dengan proses pembukuan karena meliputi proses menganalisis transaksi dan memasukannya sebagai catatan.

Pada akuntansi sendiri, pembukan biasanya terdiri dari banyak jenis sesuai kebutuhan dan kepentingan pencatatan yang lebih rinci.

Meringkas dan Mengklasifikasi

Biasanya dalam pencatatan transaksi, data yang disajikan masih berupa data mentah. Di sinilah yang disebut proses meringkas dan mengklasifikasi data kedalam beberapa kategori dan menerjemahkan data tersebut menjadi data penting yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

Pelaporan

Tahap ini yaitu menyajikan data proses akuntansi dan segala transaksi ke dalam laporan keuangan yang akan diserahkan kepada pihak manajemen untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Laporan keuangan diserahkan tiap bulan, kuartal bulan, atau tahunan.

Menganalisis

Setelah melakukan pembukuan, klasifikasi, dan juga menyusun laporan keuangan, selanjutnya yaitu menganalisis laporan tersebut sebagai bahan pengambilan keputusan oleh manajemen maupun pemilik usaha.

Dasar-dasar Akuntansi

Akuntansi merupakan bahasa bisnis utama bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam dunia ekonomi. Perusahaan jasa, perdagangan, dan manufaktur melakukan transaksi keuangan dan kemudian menggunakan akuntansi untuk mencatat dan memproses transaksi ini.

Kegiatan pencatatan dan pemrosesan tidak sembarangan, tetapi didasarkan pada bukti transaksi valid yang sudah ada. Bukti transaksi tersebut dapat berupa nota penjualan, nota pembelian, kuitansi, retur penjualan, retur pembelian, dll.

 

 

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini