CARA MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN WEBINAR

Teknologi yang dengan cepat berkembang menjadikan dunia digital berubah menjadi sebuah dunia yang banyak akan solusi serta efektif untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada. Terutama di situasi seperti saat ini, dengan adanya COVID-19 membuat semua hal yang dapat dilakukan dirumah harus dikerjakan dirumah. Kamu dapat menggunakan teknologi untuk dapat mengatasinya terutama dalam urusan bisnis. Salah satu cara yang populer sekarang ini adalah web seminar.

Definisi Webinar

Webinar merupakan singkatan dari web seminar. Webinar sendiri memiliki arti sebagai suatu program seminar yang dilakukan melalui aplikasi atau situs web tertentu. Proses seminar ini memungkinkan pemateri untuk dapat berbicara secara bebas perihal materi yang ditampilkan melalui media elektronik. Kamu dapat menggunakan web seminar untuk memperkenalkan produk atau layanan yang kamu miliki sekaligus untuk dapat mendatangkan serta meningkatkan minat pelanggan.

Macam Macam Jenis Webinar

Ada banyak sekali video internet yang dipahami sebagai webinar. Tetapi, itu bukanlah berarti bahwa video tersebut memang merupakan web untuk seminar. Kamu harus dapat mengenali macam macam jenis dari webinar yang ada, agar tidak salah dalam menentukan. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga Tetap Berbisnis Selama PSBB berlangsung ? Ini Dia Caranya !
  • The Lead-Generation or Sales Webinar

Sales webinar merupakan jenis webinar yang banyak dipakai saat ini. Web seminar yang satu ini ialah pilihan yang baik untuk memasarkan produk layanan. Para pelaku bisnis banyak yang menggunakan jenis ini untuk dapat meningkatkan jumlah leads yang mereka punya.

Cara untuk mengikutinya pun tergolong mudah. Calon peserta hanya perlu mendaftar dengan mengisi data diri serta email di sebuah website yang menyelenggarakan. Kemudian, apabila sudah mendaftar, maka pihak pelaksana akan memberikan akses untuk dapat masuk ke webinar serta materi yang dibutuhkan saat webinar berlangsung.

Kamu harus dapat menyajikan materi yang bermanfaat saat mengadakan webinar ini. Meskipun kamu memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah leads serta memperkenalkan suatu produk, kamu juga harus meyakinkan peserta bahwasanya materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat untuk peserta.

  • The One-Off For-Profit Webinar

Untuk jenis webinar yang satu ini, kamu berarti mencari keuntungan secara langsung. Kenapa? Karena untuk dapat mengikuti webinar yang satu ini,para peserta harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Jika calon peserta tidak membayar, maka akan otomatis dianggap batal mengikuti webinar dan tidak akan memperoleh akses untuk mengikutinya. Namun, webinar yang satu ini memiliki daya tariknya tersendiri karena pembicara yang akan hadir biasanya ialah seorang yang sudah profesional serta topik yang berkualitas.

Dengan itu, para peserta tidak akan merasa rugi apabila harus membayar, karena ilmu yang diperolehnya sebanding dengan biayanya. Untuk mengadakan webinar jenis ini, kamu harus benar-benar mempersiapkan kualitas webinarnya.

  • The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Webinar yang satu ini akan menghadirkan topik yang lebih mendalam dan spesifik, maka dari itu akan ada beberapa sesi didalamnya. Banyaknya sesi atau episode dalam tema yang dipilih membuat kamu harus dapat menentukan topik yang komunikatif.

Webinar ini memiliki kelebihan bagi para peserta untuk dapat mengajukan pertanyaan yang mungkin bisa menjadi topik pada sesi webinar selanjutnya. Kamu harus dapat memastikan bahwa setiap topik yang kamu hadirkan,akan memberikan manfaat bagi para peserta.

Keuntungan Menggunakan Webinar

Webinar yang diterapkan oleh berbagai perusahaan memiliki keuntungan yang berdampak bagikelancaran perusahaan kamu. Kamu dapat menikmati keuntungan, jika kamu menggunakan webinar. Diantaranya ialah.

  • Menambah Wawasan Peserta
  • Mengumpulkan Leads
  • Sarana Promosi
  • Mengenalkan Keunggulan Bisnis
  • Mengumpulkan Feedback

Cara Promosi Menggunakan Webinar

Webinar merupakan salah satu startegi marketing yang terbilang cukup efektif untuk dapat mendatangkan pelanggan. Dengan menggunakan webinar,kamu dapat berkomunikasi langsung dengan para calon pelanggan. Langkah ini ialah cara promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Untuk dapat melakukan promosi menggunakan webinarsecara efektif, kamu harus memiliki website sendiri. Karena, dengan memiliki website sendiri, kamu akan lebih leluasa dalam promosi. Dan kamu juga dapat menyelipkan link website kamu pada saat melakukan webinar.

Selain itu, kamu juga dapat menyimpan file seminar yang sudah kamu lakukan, dan kemudian dapat kamu tampilkan di website yang kamu kelola.

Saat webinar berlangsung, kamu dapat menyelipkan produk serta keunggulannya secara halus,agar tidak terkesan sangat berpromosi. Kamu juga dapat menawarkan penawaran khusus di akhir webinar. Cara ini dapat kamu lakukan apabila topik yang kamu sajikan sesuai dengan produk layanan kamu.

Tips Promosi Melalui Webinar

  • Pilih topik yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis kamu
  • Mulailah tepat waktu saat memulai webinar
  • Gunakan slide presentasi yang menarik
  • Bangunlah interaksi dengan peserta
  • Apabila ada hal yang terjadi di luar rencana, ikuti saja alurnya dan lakukan hal yang terbaik.

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini