6 Cara Efektif dan Efisien dalam Mengumpulkan Feedback

Saat pandemi seperti ini banyak sekali orang yang menjalankan bisnis secara online, tak dapat dihitung orang-orang yang ikut menjalankan bisnis secara online. Setiap pebisnis harus bisa memantau apakah pelayanan toko mu kepada pelanggan sudah baik atau belum dan apakah kemasan produk jualan mu sudah memuaskan pelanggan atau tidak. Nah, salah satu cara agar kamu dapat mengetahuinya yaitu dengan adanya feedback dari pelanggan. Hal ini sangat penting sekali, karena dengan adanya feedback, kamu bisa mengetahui bagaimana perkembangan bisnis mu selama ini. Contoh hal-hal detailnya seperti harga, kemasan, jasa pengiriman, itu semua yang akan muncul dalam feedback pelanggan. Nah, jadi bagaimana cara yang efektif dan efisien dalam mengumpulkan feedback dari pelanggan? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca juga Tips Promosi Melalui Media Sosial !

1. Media Sosial

Cara yang paling efektif yaitu dengan menelusuri feedback pelanggan dari media sosial. Kebanyakan orang hampir memiliki media sosial seperti Instagram, Facebook maupun Twitter. Nah, kamu bisa melakukannya dengan cara meminta pendapat di salah satu media sosial tersebut. Tetapi, pelanggan juga bisa langsung memberikan komentar di kolom komentar yang sudah tercantum dalam unggahan produk kamu. Lalu, baik di Instagram maupun di Facebook, pelanggan bisa membuat story kemudian tag akun olshop mu untuk memberikan feedback terhadap produk yang telah dibeli dan digunakan.

2. Email

Cara yang paling mempan untuk mendapatkan feedback yaitu melalui email. Nah, kenapa harus email? Karena email sistem yang terorganisir. Saat pelanggan sudah memberikan feedback yang berbentuk komentar apapun, nah kamu bisa memberikan jawaban atau membalasnya dengan memberikan ucapan terimakasih contohnya seperti “Terima kasih telah memberikan feedback kepada kami, hal itu sangat berharga bagi kami. Kami akan segera merespons”. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan dengan cara meminta email pribadi, biasanya pelanggan akan memberikannya sesudah melakukan transaksi. Nah hal itu kamu dapat menelusuri kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Oh iya, pastikan pelanggan membalas email kamu. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan bisnis mu.

3. Survei

Cara selanjutnya yaitu dengan membuat survei. Seperti kamu harus membuat dan memberikan pertanyaan secara singkat, jelas dan padat. Hal ini bermanfaat agar pelanggan dapat langsung memberikan feedback. Nah, kamu bisa mencantumkan pertanyaan-pertanyaan nya di situs web, dan juga harus ada platform khusus untuk tanya jawab agar pelanggan bisa memahami dengan mudah. Contoh pertanyaan-pertanyaan nya bisa seperti pertanyaan terbuka dan jangan pertanyaan yang terlihat mengarahkan. Kemudian kamu bisa memberikan nilai dengan perhitungan skala.

4. Wawancara

Kemudian dengan cara melakukan wawancara terhadap pelanggan. Hal yang harus perlu diperhatikan yaitu misalnya apakah pengguna mengalami hambatan saat menggunakan produk mu, sehingga pengguna akan memberikan feedback yang buruk. Tetapi, mereka juga bisa menemukan solusi. Nah, hal seperti itulah yang harus kamu ketahui dan juga ada yang sangat diperlukan yaitu mengkaji cara berpikir pelanggan.

5. Kolom Komentar

Cara berikutnya yaitu dengan mencantumkan kolom komentar di bawah produk yang kamu posting di website atau media sosial. Nah, dari situ pelanggan-pelanggan akan memberikan feedback dalam bentuk komentar jika mereka merasa puas atau tidak dengan pelayanannya. Kemudian, kamu harus segera merespons dan memperbaiki kesalahan. Hal ini juga dapat memberikan dorongan terhadap bisnis mu agar semakin berkembang lebih baik lagi.

6. Analisa Data

Cara yang terakhir yaitu dengan menganalisis data. Misalnya, pernah tidak kamu mengetahui seberapa lama waktu yang digunakan pelanggan untuk melihat suatu produk? Atau juga seberapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan saat memutuskan membeli suatu produk?. Nah, dari situlah kamu bisa mengetahui apa yang menjadi hambatannya. Sehingga kamu bisa memperbaiki kelemahan dari website dan media sosial.

Nah itulah beberapa cara untuk mengumpulkan feedback yang efektif dan efisien. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yaa!

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini