Bisnis Sampingan Bagi Karyawan untuk Menuai Pundi-Pundi Uang

Bisnis sampingan bagi seorang karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan diizinkan oleh perusahaan. Namun, masih banyak karyawan yang belum berani untuk memulai usaha sampingan yang diinginkan karena alasan modal. Banyak juga karyawan yang masih beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Maka, tak heran jika beberapa dari mereka meminjam uang ke bank dalam jumlah besar sebagai modal usaha. Tetapi, besar kemungkinannya, jika uang pinjaman tersebut tidak dikelola dengan baik maka justru akan membebani usahanya. Dan kabar buruknya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun malah stress karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut. Namun, berita baiknya, kita bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal yang kecil. Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan yang perlu kurang dari Rp 5 juta untuk kita memulainya.

  1. Jual Menu Sarapan Sehat

Menjual makanan untuk sarapan merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan, karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya. Kita bisa membawanya ke kantor atau kita juga bisa menjual di depan rumah.

Modal yang perlu kita miliki untuk memulai usaha ini sekitar Rp 3 atau 4 juta per bulan.  Kurang lebih 80% uang tersebut dialokasikan untuk membeli bahan baku, misalnya beras, telur, daging ayam, tahu, tempe, sayuran dan kemasannya. Sisa modalnya dapat kita gunakan untuk kebutuhan transportasi. Maka dengan modal sebesar itu, kita berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp 2 juta per bulan.

  1. Buatlah Blog

Blog sangat populer belakangan ini, jadi kita bisa jadikan sumber penghasilan tambahan. Untuk menghasilkan banyak uang dari blog adalah membuat postingan yang berkualitas. Kita bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan yang kita kerjakan sekarang, agar saat menentukan topik pembahasan dalam blog kita dapat menguasainya dengan baik. Contohnya, jika kita bekerja di bagian properti, maka kita bisa membuat blog dengan topik yang berhubungan dengan properti. Tentu, strategi ini akan memudahkan kita dalam membuat postingan. Berita bagusnya adalah modal yang perlu kita siapkan untuk memulai membuat blog paling banyak Rp 1 juta dalam setahun. Itu digunakan untuk membeli domain dan hosting. Bahkan, bisnis ini bisa kita jalankan tanpa menggunakan modal jika kita bisa menggunakan platform blog gratisan, misalnya Blogspot.com.

Baca juga Mengapa sebuah bisnis harus memiliki website

  1. Jual foto di internet

Jika kita memiliki kegemaran dan kemampuan fotografi, itu bisa loh menghasilkan cuan dari foto-foto hasil jepretan kita. Caranya yaitu dengan menjual foto-foto tersebut di internet secara online. Untuk tahap awal, cobalah jual foto di situs penjualan foto online terpuler seperti  Istockphoto.com dengan komisi 15% per foto dan ShutterStock.com dengan komisi 20-30% atau jika kita ingin menjual ke situs lain, cobalah di StockFresh.com dan Fotolia.com. jangan lupa gunakan PayPal agar mudah menerima komisi yang diperoleh dari situs-situs tersebut. Bisnis sampingan jenis ini dapat dibilang tanpa modal, jika kita sudah mempunyai kamera dan koneksi internet yang cukup.

  1. Buatlah Online Shop

Gaya berbelanja saat ini sudah mulai mengikuti perkembangan yang serba digital, yaitu dengan belanja online. Barang yang biasanya dijual para pelaku online shop adalah pakain, tas, alat kebutuhan rumah tangga dan lain-lain. Ada juga barang digital yang popular di online shop adalah ebook, software, theme dan video tutorial.

Modal yang perlu kita siapkan untuk membuat online shop tidak besar. Namun jika kita tidak memiliki kemampuan untuk mendesain feed online shop kita, jangan khawatir, karena sekarang ini sudah banyak template gratis di online shop. Sekalipun memang harus membeli, banyak juga yang menjual template desain yang harganya kurang lebih Rp 400 ribu.

Jika kita ingin repot-repot untuk membuat atau membeli web untuk online shop, maka kit ajuga bisa bejualan di marketplace yang sudah terkenal seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.

Dan jika kita ingin lebih mudah lagi, kita bisa menggunkan sistem dropshipping, jadi kita tidak perlu lagi mengirim barang, karena para dropshipper lah yang akan mengirim barang tersebut ke konsumen langsung. Salah satu dropshipper lokal yang bisa dicoba adalah Supplier.id.

  1. Buka Jasa Penerjemahan

Usaha sampingan jenis ini relatif tidak merepotkan karena kita bisa melakukannya fleksibel yaitu sebelum atau sesudah kerja. Bahkan, jika kita sedang libur kerja, kita bisa optimal menjalankan usaha ini. Jasa penerjemahan ini bisa dibilang tanpa modal jika kita sudah memiliki laptop, mesin cetak, dan koneksi internet yang bagus untuk memanfaatkan Google Translate agar memudahkan kita dalam menerjemahkan. Kita juga bisa membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan sekitar tempat tinggal kita atau bergabung di platform digital yang menyediakan jasa penerjemahan seperti  Freelancer Indonesia dan Sribulancer

  1. Buka Jasa Pengetikan

Jika kita menetap di lingkungan yang dekat dengan sekolah atau kampus, maka usaha sampingan jasa pengetikan ini sangat cocok. Karena pasti banyak siswa dan mahasiwa yang ingin menggunakan jasa mengetik tugas atau skripsinya. Kita bisa memberikan tarif untuk jasa pengetikan per halaman atau jumlah kata. Misalnya, Rp 3.000 untuk per halaman.

  1. Makelar Properti

Untuk jenis usaha sampingan makelar properti ini, tentu kita harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut, agar kita tahu batas profit atau bonus yang akan kita peroleh, seandainya kita mampu menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, kita tidak membutuhkan modal dalam bentuk uang. Modal yang kita perlukan yaitu berupa kepercayaan, baik dari pemilik maupun calon pembeli properti. Selain itu, kita harus memiliki sedikit ilmu marketing atau pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja dan konsumen lain.

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com