Mau Bikin Packaging Profesional untuk Bisnis Kamu ? Coba Manfaatkan Tips Berikut !

Ketika kita ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi jika sebuah bisnis yang ingin dijalankan tersebut merupakan bisnis yang membuat produk atau berhubungan dengan barang, bukan dalam bentuk jasa, pastinya kamu harus membuat kemasan untuk produk tersebut. Artinya, sebuah packaging atau kemasan merupakan suatu hal yang penting dan dapat mempengaruhi pejualan produk kamu.

Kemasan produk merupakan bagian dalam branding untuk mengenalkan produk kamu ke pasaran. Maka dari itu selain brand, produk yang anda pasarkan juga harus memiliki kemasan yang baik agar lebih menarik. Hal itu dapat menjadi nilai tambah bagi produk yang anda tawarkan. Bukan hanya agar lebih menarik, fungsi utama dari kemasan adalah untuk melindungi produk kamu dari kerusakan fisik seperti tergores atau cacat.

Dalam membuat kemasan produk, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal pertama yang harus dipastikan. Namun, untuk mendukung sebuah pemasaran, kemasan yang aman dan nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut juga harus memiliki sifat profesional, agar mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen.

Baca juga 5 Tips Untuk Agar Produk Anda Menjadi Hits

Kemasan akan terlihat lebih profesional jika disesuaikan dengan jenis produk kamu. Karena kemasan juga menjadi salah satu daya tarik utama bagi seseorang untuk membeli produk kamu. Berikut ini adalah tips membuat kemasan yang profesional agar produk kamu berhasil di pasar.

  • Pilih bentuk kemasan yang sesuai dengan produk

Kamu mungkin pernah memperhatikan bahwa kemasan untuk produk “maskulin” sering memiliki bentuk persegi panjang, seperti kotak, sementara banyak produk “feminim” seringkali lebih melengkung, ternyata itu bukanlah kebetulan.

Ada pertimbangan psikologi dalam bentuk kemasan tersebut, tersembunyi di balik target pasar kamu, untuk itu kamu bisa membuat desain kemasan sesuai dengan itu.

Meskipun desain yang menonjol itu penting, namun perlu juga diingat bagaimana produk kamu dapat bersaing di industri ritel. Kamu bisa berkonsultasi dengan beberapa desainer kemasan untuk membuat bentuk kemasan yang tepat sesuai dengan bisnis dan target pasar.

  • Pilih warna yang tepat

Warna kemasan suatu produk sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya pada warna. Jadi, kamu harus mengetahui peran dan arti warna dalam desain kemasan, misalnya:

  • Merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta dan keberanian
  • Kuning melambangkan energi, serta kebahagiaan
  • Oranye melambangkan kesan senang, kehangatan, atau tekad
  • Hijau melambangkan kesegaran, alam, atau uang
  • Biru melambangkan ketenangan, otoritas, atau maskulinitas
  • Ungu melambangkan kreativitas, royalti, atau misteri
  • Merah mudah melambangkan rasa ramah, feminitas
  • Gunakan kalimat sederhana

Pada desain kemasan makanan, seringkali ditemukan berbagai tulisan selain komposisi ataupun identitas barang itu sendiri. Misalnya saja kalimat slogan, kata-kata persuasif, nama brand, dan lainnya.

Meskipun ingin dibuat menarik tetapi hindari penggunaan kalimat berlebihan, alay, atau kurang penting yang mampu membuat bingung para konsumen. Pakailah gaya bahasa sederhana, mudah diingat tetapi mampu mengintepretasikan tujuan maupun barang tersebut.

  • Tambahkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah

Hal Ini adalah salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang memang berwenang dengan produk-produk yang kamu produksi sehingga produk kamu lebih terjamin kesehatannya dan lebih tepercaya. Contohnya legalitas dari  Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal.

  • Tambahkan Informasi Penting Dengan Font Menarik

Selanjutnya kamu perlu memikirkan informasi apa yang akan ditambahkan di kemasan produk tersebut mengingat informasi-informasi itu juga sangat penting bagi konsumen. Buatlah informasi yang singkat jangan terlalu padat, dengan gambar yang unik dan font huruf yang menarik, agar konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut dan mengetahui keunikannya.

Anda dapat trial Accurate Online gratis 30 hari di sini

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com