3 Tips Membuka Bisnis Toko Bunga Dengan Budget Minim

Toko bunga hias merupakan bisnis yang sedang fenomenal, karena dengan modal yang minim anda bisa mendapatkan untung puluhan juta rupiah jika anda melakukannya dengan sabar dan telaten dalam menekuninya. Apalagi bila ada acara tertentu seperti perayaan valentine atau wisuda, para millenial pasti memburu toko bunga yang favorit pilihan mereka. Dengan bermodalkan pengetahuan akan merawat bunga dan kreatifitas untuk membuat seikat bucket bunga itu sudah cukup, yang paling penting anda harus tetap berusaha mencoba inovasi terbaru.

Bunga merupakan makhluk hidup yang memiliki cara perawatan yang berbeda, anda harus memperhatikan kadar air dan cahaya sinar matahari yang cukup. Tidak boleh berlebihan karena akan membuat bunga tampak lembek dan tidak boleh kekurangan yang akan membuat bunga menjadi kering, jadi takarannya harus pas dan sesuai kebutuhan bunga tersebut. Untuk itu, simak yuk beberapa tips yang akan membantu anda untuk membuka bisnis toko bunga dengan budget yang minim namun untung puluhan juta rupiah

  1. Memahami jenis-jenis bunga dan cara perawatannya

Bagi pemula, langkah paling awal untuk membangun sebuah usaha toko bunga adalah memahami jenis-jenis bunga dan bagaimana cara merawatnya. Bunga merupakan tanaman musiman, jadi anda harus paham betul kondisi dan karakteristik yang ada dibunga tersebut. Anda harus mengerti seperti, kapan jadwal berbunga dan berapa lama bunga tersebut bisa bertahan setelah dipanen.

Dengan mengetahui karakteristik yang ada di setiap bunga, anda tidak akan menanggung risiko bunga sudah layu sebelum sampai tujuan. Dengan cara ini, anda dapat memperkirakan bunga tersebut dapat dikirim keluar kota atau tidak, dan bisa memikirkan patokan jangkauannya yang available untuk pengiriman bunga. Pada jaman yang sudah modern ini, banyak customer yang berminat denga bunga impor, jadi tidak ada salahnya apabila anda mempelajari budidaya bunga impor, hal itu akan menjadi kesempatan emas untuk toko yang akan anda buka

  1. Memperhatikan tanah dan pupuk yang sesuai untuk bunga yang anda tanam

Campuran tanah dan pupuk merupakan hal dasar yang perlu anda pahami sebelum membuka toko bunga, tanah merupakan tempat dimana akar dari tanaman bunga tumbuh dan berkembang. Pada tanah inilah akar akan mendapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Maka dari itu pemilihan tanah sangatlah penting untuk menanam tanaman bunga.Tanah yang bagus untuk tanaman bunga ialah tanah yang gembur, mudah meresap air dan mengandung cukup unsur hara. Tanah seperti itu tentu dapat dengan mudah anda beli di toko tanaman hias. Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri tanah humus yang gembur, berikut adalah cara-caranya :

  • Bahan:

-Tanah utama yang bertekstur gembur (bukan tanah liat).

-Tanah pasir (1/10 bagian dari tanah utama)

-Akar kering dan ranting kecil tanaman lalu dicacah halus

-Sekam dan serbuk gergaji kayu secukupnya

-Pupuk kompos atau butiran organik secukupnya

-Larutan EM4 dan gula

  • Langkah Pembuatan :
  1. Campur semua bahan diatas hingga rata (kecuali Larutan EM4 dan gula)
  2. Buat larutan EM4 bersama gula lalu diamkan minimal 24 jam
  3. Siramkan larutan EM4 tersebut pada campuran tanah dan berbagai bahan organik tadi
  4. Tutup dan biarkan hingga minimal 2 minggu
  5. Tanah humus gembur siap digunakan untuk menanam bunga.
  6. Adonan tanah humus tersebut lalu dimasukkan kedalam pot untuk kemudian ditanami bibit bunga.

Pupuk juga merupakan bahan dasar yang sangatlah penting bagi tanaman terutama tanaman yang ditanam dalam pot. Hal ini karen pupuk akan mampu menjaga kadar nutrisi dalam tanah yang mana lama-kelamaan akan habis diserap tanaman. Pemilihan pupuk yang baik untuk tanaman hias atau bunga adalah pupuk yang sudah terurai sempurna oleh bakteri pengurai, terutama untuk pupuk kandang. Hindari memberikan pupuk kandang yang belum dijadikan bokashi karena proses penguraian pupuk kandang ini akan menaikkan suhu dalam tanah sehingga akar tanaman  bunga malah justru akan mati jika diberi pupuk kandang (kotoran hewan) yang masih baru.

Cara membuat pupuk bokashi adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan pupuk kandang / komposnya
  2. Buat larutan EM4 + Gula
  3. Diamkan larutan tersebut minimal 24 jam
  4. Siramkan pada pupuk kandang / kompos tadi dan tutup.
  5. Diamkan selama minimal 2 minggu
  6. Setelah 2 minggu maka pupuk sudah siap dipakai.

Jika anda tak ingin susah payah menyiapkan pupuk bokashi, maka anda bisa menggunakan butiran organik yang banyak dijual di toko pertanian. Hanya saja kandungan nutrisi dari butiran organik tentu tidak sebagus pupuk kandang dan pupuk kompos. Pemberian pupuk dilakukan diawal pengisian tanah dalam pot lalu bisa diulang dengan interval tertentu tergantung jenis dan ukuran tanaman bunganya. Takaran pupuk yang diberikan disesuaikan dengan usia dan ukuran tanaman bunga.

baca juga Mengulik Cuan Bisnis Bunga dengan Modal yang Minim Budget

  1. Memperhatikan cahaya matahari dan penyiraman pada bunga

Sinar matahari merupakan hal penting bagi tanaman karena sinar matahari adalah sumber energi utama dalam proses fotosintesis tanaman. Pada tanaman bunga, kadar sinar matahari yang diterimanya haruslah disesuaikan dngan jenis tanaman bunga tersebut. Tidak semua bunga bagus untuk mendapat sinar matahari langsung sepanjang hari.

Sebagian besar bunga haya bagus untu mendapat sinar matahari pagi yaitu dari matahari terbit hingga jam 9 / 10 saja. Terik sinar matahari disiang hari kebayakan malah justru mampu merusak bunga karena panasnya sehingga bunga akan cepat layu. Tanaman seperti mawar, bunga sepatu, bunga aster sebaiknya hanya mendapat sinar matahari pagi saja karena jika terlalu banyak terkena sinar matahari tanaman tersebut akan mudah layu dan mati. Untuk mengatur waktu lamanya penyinaran matahari pada tanaman bunga, maka anda bisa mengatur tata letak pot bunganya. Tanaman seperti bunga mawar, bunga, melati, bunga sendok, dan bunga anyelir maka anda bisa menempatkannya di didi timur bangunan sehingga ia akan tersinari pada pukul 6 pagi hingga 10 siang. Anda juga bisa memasang layar atau penghalang sinar lainnya pada pukul 10 pagi sehingga tanaman hanya akan tersinari hingga pukul 10 pagi saja.Untuk teknik menanam semperti cara menanam bunga asoka, bunga alamanda, dan bunga matahari maka anda bisa meletakkannya di tempat terbuka atau halaman depan bangunan sehingga ia akan tersinari matahari sepanjang hari . Tanaman bunga jenis ini memang cenderung membutuhkan lebih banyak sinar matahari sehingga malah justru akan memucat jika diletakkan pada area teduh.

Khusus untuk tanaman bunga jenis anggrek, maka penempatannya haruslah pada lokasi yang teduh. Bunga anggrek sangat tidak tahan pada sengatan sinar matahari. Oleh karena itu anda bisa meletakkannya pada dahan pohon yang rindang atau dibawah teras bangunan.

Lalu tanaman juga sangat membutuhkan air untuk hidup. Air juga adalah salah satu komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis tanaman. Penyiraman secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kadar air dalam tanah. Jumlah air yang disiramkan tentu tergantung dari ukuran tanaman bunganya.

Tanaman bunga yang berukuran besar seperti bunga alamanda, bunga sepatu, bunga kertas dan bunga matahari membutuhkan air lebih banyak ketimbang bunga mawar, bunga melati atau bunga anggrek. Lakukan penyiraman setiap 2 – 3 hari sekali untuk menjaga kebasahan tanah. Jangan menyirami bunga secara berlebihan karena nantinya malah justru bisa membusukkan akar tanaman.

Anda bisa coba Accurate Online gratis selama 30 hari disini !

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com